Mengenal Interface 3D Studio Max -
3D Studio Max atau yang sering disebut 3DS Max merupakan sebuah perangkat lunak yang menangani grafik bervektor 3D dan animasi. Aplikasi ini dikembangkan oleh Autodesk Media & Entertainment yang dulunya perusahaan ini dikenal sebagai Discreet and Kinetix.
3D Studio Max menjadi salah satu aplikasi modeling yang populer saat ini karena kemampuannya dalam mengolah visualisasi 3 dimensi. Bagi kalian yang ingin mencoba aplikasi ini, ada baiknya mengetahui interface / lembar kerja dasar dari
3D Studio Max.
Berikut Interface / Lembar Kerja 3D Studio Max:
|
www.autodesk.com |
- Quick Access Toolbar: Menyediakan penanganan file, perintah undo/redo, dan daftar drop-down untuk berpindah ke menu lain.
- Main Toolbar: Menyediakan daftar perintah yang paling sering digunakan dalam 3DS Max.
- The Ribbon: Menyediakan berbagai alat untuk pemodelan dan pengaturan scene/objek.
- Scene Explorer: Digunakan untuk melihat, memilih, dan mengatur objek yang dipakai seperti hapus, sembunyi, freezing, pengaturan properti, dll.
- Viewport Layouts: Digunakan untuk penggantian konfigurasi viewport.
- Status Bar: Menampilkan petunjuk dan informasi scene dan perintah yang sedang aktif, serta menampikan koordinat tampilan.
- Viewport Label Menus: Digunakan untuk mengubah tampilan Viewport seperti sudut pandang (POV) dan shading style.
- Quad Menu: Ditampilkan ketika mengklik kanan pada Viewport yang aktif. Menu pengaturan tergantung pada seleksi.
- Time Slider: Digunakan untuk navigasi waktu seperti melompat keframe yang diinginkan.
- Viewports: Tampilan dari scene dan objek yang dibuat dari berbagai sudut, melihat pencahayaan, bayangan, dan efek lainnya.
- Command Panel: Daftar alat untuk membuat dan memodifikasi geometri, menambahkan lampu, mengendalikan animasi, dll.
- Animation Control: Digunakan untuk membuat dan memutar animasi dalam Viewports.
- Viewport Navigation: Digunakan untuk navigasi scene pada Viewport yang aktif.
- Slate Material Editor: Berisi fungsi untuk mengedit material dan maps yang digunakan.
- Rendered Frame Window: Digunakan untuk melihat hasil render sementara dan pengaturan preset render.
Demikian artikel mengenai Interface 3D Studio Max. Semoga dengan pengenalan dasar ini, kalian bisa mengerti fungsi dari tiap bagian software 3D Studio Max. Terima Kasih.
Belum ada komentar untuk "Mengenal Interface 3D Studio Max"
Posting Komentar